11.
Konveksi
Produk yang dihasilkan adalah bermacam-macam
jenis pakaian (kaos, jaket, baju, dan sebagainya) yang merupakan kebutuhan dasar manusia sehingga peluang pasar selalu ada. Pelaku bisnis ini dengan cepat menambah jenis produksinya seperti topi, tas dan
sepatu, mulai dari bahan baku batik sampai kulit. Memulai bisnis ini
juga cukup mudah. Perusahaan konveksi dapat memulai
bisniskonveksinya hanya dengan modal dua atau tiga unit mesin jahit yang tidak
terlalu mahalharganya di sebuah rumah yang tidak terlalu luas.
22.
Startup
Merupakan
fasilitas bagi wirausaha dan pembeli dalam memperoleh keuntungan dan kemudahan.
Sistem
lebih terintegrasi sehingga menjamin keamanan dan memudahkan pengguna dalam
melakukan transaksi.
Tidak
perlu menyediakan lapak usaha secara fisik.
33.
Jasa pengiriman online
Pengiriman barang
dilkukan dengan tepat waktu sampai ke alamat yang dituju
Biaya
pengiriman lebih murah
Sistem
pengiriman barang transparan sehingga pengirim dapat melacak keberadaan barang
44.
Tambak ikan
Merupakan
usaha yang memiliki prospek tinggi karena ikan salah satu bahan makanan yang
sering dikonsumsi
Mudah
dikelola karena tidak perlu dilakukan perlakuan khusus
Waktu
panen terbilang cukup cepat
55.
Usaha kue
Mudah
untuk memulainya karena bisa dibuat dirumah
kue
merupakan makanan yang sangat digemari oleh keluarga.
Bahan
baku membuat kue tidak susah didapat
66.
Budidaya jamur
Mudah
dikembangkan atau dibudidayakan
Jamur
dapat diolah dalam berbagai produk
Media
tanam jamur tidak terlalu sulit
77.
Petani rempah
Prospek
kedepan sangat tinggi krena produk yang dihasilkan sangat dibutuhkan dalam
pembuatan bumbu masakan
Rempah
juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan obat herbal
88.
Budidaya lobster
Budidaya
yang sangat mudah
Tidak
butuh tambak laut sebagai media budidayanya
Nilai
jualnya tinggi
99.
Barber shop
Banyak
peminat dikalangan remaja
Selain
jasa cukur juga menyediakan minuman dan minuman sebagai tambahan usaha
Pelayanan
lebih menjanjikan
Hasil
dapat memuaskan karena sesuai dengan keinginan konsumen
110.
Steam motor
Pekerja
tidak harus memiliki keahlian khusus
Prospek
tinggi karena motor memerlukan perawatan dalam hal kebersihan
Waktu
pengerjaan tidak terlalu lama sehingga bisa menyelesaikan banyak motor dalam
sehari
No.
|
Jenis
Usaha
|
Faktor
Internal
|
Faktor
Eksternal
|
1
|
Konveksi
|
Keuangan dan Akuntansi, SDM, Pemasaran, Operasi dan Penelitian/Pengembangan.
|
Pemegang saham, pemerintah, pemasok, komunitas lokal, pesaing, pelanggan, kreditur, serikat buruh, kelompok kepentingan khusus, dan asosiasi perdagangan.
|
2
|
Tambak
Lobster
|
Keuangan dan Akuntansi, SDM, Pemasaran, Operasi dan Penelitian/Pengembangan.
|
Pemerintah, komunitas lokal, pesaing, pelanggan, kreditur, kelompok kepentingan khusus, dll.
|
3
|
Barber
Shop
|
Keuangan dan Akuntansi, SDM, dan Penelitian/Pengembangan.
|
Komunitas lokal, pesaing, pelanggan, kelompok kepentingan khusus, dll.
|
Analisa
SWOT
1. Konveksi
A. Kekuatan
Pangsa pasar yang tinggi, lokasi yang
strategis, orientasi yang internasional, pengalaman manajer, dll.
B. Kelemahan
Peralaan semi tradisional, terbatas
dalam perluasan perusahaan, posisi global kurang, produksi sebagian masih
manual.
C. Opportunity
Kemajuan teknologi, perkembangan
manusia yang cepat, perubahan gaya hidup, dll.
D. Threat
Adanya pesaing baru, adanya peraturan
pemerintah, nauiknya BBM, dll.
2. Tambak
Lobster
A. Kekuatan
Potensi perikanan, bahan baku,
keuangan daerah, posisi geografis, dll.
B. Kelemahan
Teknologi, pakan dan harga, SDM dll.
C. Opportunity
Kemajuan teknologi, daya konsumsi
manusia yang terus meningkat, dll.
D. Threat
Adanya pesaing baru, adanya peraturan
pemerintah, nauiknya BBM, dll
3. Barber
Shop
A. Kekuatan
Perubahan gaya hidup yang terus
meningkat, pangsa pasar yang terus meningkat, variasi barber yang terus berkembang,
dll, posisi geografis.
B. Kelemahan
SDM, harga, dll.
C. Opportunity
Kemajuan teknologi, daya hidup yang
meningkat.
D. Threat
Adanya pesaing baru, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar